Friday, April 24, 2020

AMANKAH APLIKASI ZOOM ????

Virus corona: Seberapa aman aplikasi Zoom yang marak dipakai WFH ...


ZOOM merupakan aplikasi yang sedang ngetrand dan hits dan banyak digunakan saat ini. Zoom merupakan aplikasi video call online dengan mengedepankan keunggulan seperti :


  1. Dapat memuat peserta sampai dengan 100 orang
  2. dapat melakukan share screen untuk kepentingan presentasi maupun meeting secara daring.
  3. peserta juga dapat mengomentari hasil presentasi peserta lainnya dengan berbagai menu yang ada

Namun pada saat ini banyak nya pengguna ZOOM yang sedang meningkat, menyebabkan banyaknya tersiar kabar bahwa ZOOM berpotensi tidak aman. Pernyataan tersebut pertamakali viral  yakni yang meyatakan bahwa pihak ZOOM menyebarkan data pengguna ZOOM ke Aplikasi FaceBook.



Hal itu kemudian dibenarkan dan dikonfirmasi oleh sebuah lemabaga penelitian Motherhood menyebutkan bahwa privasi pengguna ZOOM terancam tersebar dikarenakan ZOOM menyebarkan data pengguna ke FaceBook, meskipun pengguna tersebut tidak memiliki akun FaceBook.

Laman berita terkenal Dailymail pada 30 maret 2020 menyebutkan bahwa praktik yang dlakukan ZOOM bukan lah hal yang baru, ZOOM menggnakan aplikasi pengembang perangkat untu menjalankan sistem-sitem tertentu.


Menurut Safenet melalui akun twitternya memberikan rekomendasi aplikasi yang aman yang digunakan untuk meeting online yaitu Roundee.oi, Rocket.chat. Meet.jit.si dan Whereby.com.




 https://rocket.chat/install

https://jitsi.org/downloads/

  ...

Aplikasi tersebut memang terdengar asing namun patut dicoba walaupun memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, tetapi setidaknya data privasi penggunanya aman.

No comments:

Post a Comment

APA ITU RUKSHOH PUASA? Sebelum membahas tentang RHUKSOH maka terlebih dulu harus diketahui apa itu AZIMAH Azimah adalah apa-ap...